Cara Merekam Layar Pc Dengan Camtasia Dan Mengenal Fungsi Toolnya

Bagi sahabat yang dikala ini sudah menjadi youtuber, Saya rasa sahabat tentu sudah mengenal nama agenda buatan Techsmith ini. Camtasia ialah salah satu produk andalan yang di buat untuk mereka yang ingin membuat video tutorial. Camtasia ini ialah salah satu agenda rekomendasi bagi sahabat yang ingin merekam layar dan mengeditnya.

Ya,, meskipun aplikasi perekam layar atau screencast ini lebih cocok di buat untuk membuat video tutorial Camtasia juga powerful di gunakan untuk membuat dan mengedit video lainnya. Camtasia tak hanya sebagai aplikasi perekam layar pc yang handal namun Camtasia juga banyak dijadikan sebagai aplikasi edit video pc terbaik dan profesional.

Camtasia pada versi terbaru ini tiba dengan tampilan yang lebih trendy. Tak hanya di kemas dengan "baju baru" namun juga banyak di tambahkan sesuatu yang gres untuk membuat hasil video yang bagus. Camtasia ialah agenda perekam layar monitor pada pc sekaligus alat yang manis untuk mengedit video. Meski Camtasia ini salah satu program perekam layar kelas profesional, namun aplikasi ini juga tidak menyulitkan pemula ketika mereka mempelajarinya. Kaprikornus berguru memakai Camtasia ini have fun saja..

Lihat juga :
Cara Membuat Video Slideshow dari Foto dengan Musik Hanya Dalam 5 Menit
Cara Mengedit, Memotong, Menggabungkan Video Khusus Pemula

Okey mari kita coba mempelajari bagaimana cara merekam layar pc memakai Camtasia, Sebagai bahan, disini aku memakai camtasia versi 9 dimana sotware ini sanggup di instal pada windows 64 ataupun 32bit.

Dan sebelum memulai ada baiknya sahabat lihat beberapa alternatif alat perekam layar monitor terbaik yang sanggup sahabat gunakan. Silahkan lihat artikelnya di bawah ini.

7 Aplikasi (ScreenCast) / Program Perekam Layar PC Terbaik

Okey, mari kita mulai.

Cara merekam layar / screen record memakai Camtasia 9 dan mengetahui fungsi tool di dalamnya.


  1. Silahkan jalankan terlebih dahulu agenda Camtasia milik sobat. Untuk merekam layar silahkan klik tombol warna "record" merah pada bab atas kiri di bawah menu. Sobat juga sanggup memakai sortcut screen recorder dengan "CTRL + R
    Saya rasa sahabat tentu sudah mengenal nama agenda buatan  Cara Merekam Layar PC Dengan Camtasia dan Mengenal Fungsi Toolnya

  2. Akan terlihat jendela gres yang fungsinya sanggup sahabat atur / customize video sesuai keinginan. Berikut ialah keterangan tampilan record screen camtasia 9. 


    Keterangan gambar Camtasia di atas ialah :

    1. Full screen = Pada tool nomer satu ini ialah pilihan untuk merekam layar secara penuh / full screen.
    2. Custom = Berbeda dengan fullscreen, custom ini sanggup sahabat gunakan untuk merekam layar pada bab tertentu saja. Misalkan saja sahabat merekam layar dengan ukuran smartphone dan lain sebagainya.
    3. Dimensions = Jika ini sahabat sanggup mengisikan ukuran frame video sesuai dengan keinginan. 
    4. Camera = Ini ialah pilihan dimana camera akan secara otomatis merekam (wajah) aktifitas sahabat ketika merekam layar. 
    5. Audio = Audio / sahabat sanggup menentukan audio system ataupun audio yang sahabat rekam dari mic yang ada di pc / laptop sobat
    6. Rec = ialah tombol untuk memulai untuk merekam.

  3. Sesaat sehabis sahabat menekan tombol Rec, sahabat akan memulai merekam layar pc / laptop disaat itu pula akan terlihat jendela tombol menyerupai yang terlihat bawah ini. Tombol-tombol tersebut ialah Durasi ialah usang waktu merekam layar pc. Delete untuk menghapus / membatalkan proses rekaman, Pause ialah untuk menghentikan sejenak / berhenti tapi proses rekaman sanggup dilanjutkan kembali, sedangkan Stop akan untuk menghentikan proses rekaman layar yang akan berlanjut pada tahap berikutnya. yaitu proses editing. 
    Saya rasa sahabat tentu sudah mengenal nama agenda buatan  Cara Merekam Layar PC Dengan Camtasia dan Mengenal Fungsi Toolnya
  4. Setelah sahabat mengklik tombol "stop" sahabat akan menuju ke proses editing. Sobat sanggup menyempurnakan hasil rekaman di pc / laptop milik sahabat melalui proses editing yang ada di timeline Camtasia. Lewat keterangan di bawah ini sahabat sanggup mengenal fungsi-fungsi tool yang ada di agenda Camtasia. 
    Saya rasa sahabat tentu sudah mengenal nama agenda buatan  Cara Merekam Layar PC Dengan Camtasia dan Mengenal Fungsi Toolnya

    Keterangan gambar di atas ialah :

    1. Peralatan / tool yang berfungsi untuk banyak sekali macam keperluan editing video menyerupai Media untuk mengambil / import file baik itu berupa video ataupun audio.

      Terdapat juga Annotations atau anotasi video yang berarti kata / bentuk yang berfungsi untuk menunjukan objek yang ada di video, Anotasi ini terdapat bermacam-macam model dan warna. yang pilih untuk keperluan untuk memperjelas apa yang sahabat maksudkan pada video sobat.

      Ada juga Transitions ialah transisi video yang berfungsi untuk menambahkan pergantian pada awal video. Pada transisi video ini sahabat akan di suguhkan bermacam-macam model menyerupai fade, flip, fold dan lain sebagainya.

      Ada lagi yaitu Behaviors yang berfungsi untuk mengubah pergerakan video pada durasi-durasi tertentu.

      Animations yaitu sebuah alat yang sanggup sahabat manfaatkan untuk menambah animasi pada video. dan more menyerupai cursore effect untuk mengatur efek mouse/cursore ,

      Voice narrations ialah untuk mengatur bunyi narasi video,

      Visual effect ialah untuk menambahkan efek visual pada video

      Interactifity adalah interaktifitas video menyerupai membuat pertanyaan pada video kepada penonton video,

      Audio effect untuk menambahkan efek audio pada video.

      Caption untuk melengkapi video dengan teks / kalimat . 

    2. isi Opsi dari tool pada nomer 1. 
    3. Preview video yang dilengkapi juga dengan alat menyerupai select, crop, presentase layar video.
    4. Properties preview video. Sobat sanggup merubah preview video menurut settingan yang sahabat inginkan. Didalamnya terdapat alat-alat yang memungkinkan sahabat untuk melaksanakan banyak sekali trik video menyerupai memutar / merotate video, menggeser posisi video, crop video dan lain sebagainya.
    5. Tombol Video player yang berfungsi menyerupai video player pada umumnya menyerupai memainkan video, pause, next / previous media ataupun menggeser tombol untuk menemukan durasi / menit yang sempurna untuk mengedit video.
    6. Timeline : Jika di dunia editing foto, timeline ini mempunyai fungsi yang sama dengan layer.

      Pada bab timeline ini, sahabat sanggup mengontrol video / audio. Sobat sanggup melaksanakan banyak hal menyerupai memisahkan video / audio, memotong video, memisahkan, mengatur sususan/bagian video, menambahkan/ menyelipkan video, mengatur speed video/audio  lain dan masih banyak lagi.

  5. Ketika proses editing sudah selesai, selanjutnya ialah menyimpan / render hasil rekam video tersebut menjadi file video, Ya, sahabat bekerjsama juga sanggup pribadi mempublish video tersebut ke sosial media menyerupai youtube, facebook, dan sosial media lainnya. Namun disini aku memperlihatkan pola menyimpan video ke lokal atau ke hardisk komputer. 
    Saya rasa sahabat tentu sudah mengenal nama agenda buatan  Cara Merekam Layar PC Dengan Camtasia dan Mengenal Fungsi Toolnya

  6. Berikutnya ialah pilihan share ke lokal atau ke internet / sosial media, sebagai pola disini ialah mengshare video ke lokal yaitu menyimpan hasil video ke komputer / laptop sahabat sanggup menentukan ukuran video sesuai dengan keinginan.
    Saya rasa sahabat tentu sudah mengenal nama agenda buatan  Cara Merekam Layar PC Dengan Camtasia dan Mengenal Fungsi Toolnya

  7. Sobat sanggup merename file video yang sahabat simpan dan menentukan lokasi folder dimana file video tersebut akan disimpan.
    Saya rasa sahabat tentu sudah mengenal nama agenda buatan  Cara Merekam Layar PC Dengan Camtasia dan Mengenal Fungsi Toolnya

  8. Klik Finish dan rendering pun dimulai. silahkan play memakai aplikasi pemutar video pc untuk melihat hasilnya. 
    Saya rasa sahabat tentu sudah mengenal nama agenda buatan  Cara Merekam Layar PC Dengan Camtasia dan Mengenal Fungsi Toolnya

Seperti yang sahabat lihat pada tutorial cara merekam layar monitor memakai camtasia 9 di atas bahwa proses tersebut masihlah sangat singkat. Pada bab editing / proses mengedit video masih banyak yang sanggup sahabat pelajari dan eksplorasi sendiri. untuk mendapat hasil video yang memuaskan dan informatif.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Cara Merekam Layar Pc Dengan Camtasia Dan Mengenal Fungsi Toolnya"

  1. Cara Merekam Layar Pc Dengan Camtasia Dan Mengenal Fungsi Toolnya >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Merekam Layar Pc Dengan Camtasia Dan Mengenal Fungsi Toolnya >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Merekam Layar Pc Dengan Camtasia Dan Mengenal Fungsi Toolnya >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus